13 May 2012

TIPS MAKAN DI LUAR TANPA KHAWATIR MENGACAUKAN LINGKAR PINGGANG (Part 2)


Pada tulisan sebelumnya, telah dijelaskan beberapa tips agar kita tetap bisa menikmati makanan ketika makan di luar. Nah, kali ini, penulis ingin membagikan tips-tips lainnya yang belum disampaikan di tulisan sebelumnya. J


                Cobalah pesan bawa. Dari kebiasaan dan dari segi diet, saya mendapati pada kita tidak terlalu tergoda jika membeli makanan untuk dibawa dipulang. Anda dapat menambahkan sendiri bahan tambahan rendah lemak seperti mentega, krim asam dan saus salad ke makanan pesanan itu, dan Anda tidak akan terbujuk oleh godaan makanan yang tidak tertera pada rencana Anda.
                Waspadai kalori kosong! Jangan minum anggur hanya karena orang lain minum koktail atau karena ada tawaran “happy hours”. Apakah Anda lebih memilih minuman itu atau menghemat kalori untuk makanan penutup yang istimewa? Demikian pula, jika Anda tidak keranjiangan roti, lewatkan saja.
                Pesan hidangan khusus. Jika Anda hendak memanjakan diri sendiri, cobalah sesuatu yang tidak biasa yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Tunda cheese burger atau kentang goreng untuk lain kali.
                Hindari saus. Waspadai makanan yang dimasak dengan mentega, keju atau krim. Seandainya Anda sangat menginginkannya, cobalah sebagai hidangan pendamping saja.
                Utamakan ikan. Biasanya, hidangan laut, bergantung pada cara memasaknya, tidak terlalu besar kalorinya dan lebih rendah kolesterol dan lemaknya daripada daging dan pasta. Terutama baik jika prinsip B.P.P.K diterapkan.
                Cobalah mengenyangkan perut. Maksudnya dengan sayuran. Sertakan sayuran sebagai bagian tak terpisahkan dalam makanan Anda, setiap saat jika memungkinkan. Sayuran dapat membuat Anda kenyang dan memenuhi persyaratan nutrisi. Ini adalah peluang bagus untuk mencoba sayuran eksotik atau sayuran yang tidak akan pernah Anda masak di rumah karena kendala waktu, tukang makan yang suka pilih-pilih atau karena alasan lain. Kalau tidak, pilih saja salad, jangan terlalu banyak sausnya dan taburan berkalori tinggi, atau pilih sup dengan bahan utama sayuran.
                Ingat kata ‘K’! Saat makan, pusatkan perhatian pada Kerabat dan Keluarga, bukan Kenduri. Ini bukan makanan terakhir Anda, jadi nikmati kebersamaan dan obrolan bersama mereka.
              
         Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca J

Sumber : Chicken Soup for the Dieter’s Soul

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta @ 2011- Fina Martiningsih
Purple Heart Background