8 April 2012

TUGAS 1 : PERBEDAAN BLUETOOTH DAN WI-FI

Kenyataan bahwa WiFi dan Bluetooth nirkabel keduanya standard dan menggunakan gelombang pada frekuensi radio untuk tujuan transmis, sering membuat kita berpikir bahwa kedua teknologi ini menyeesaikan tujuan yang sama. Namun, terdapat banyak perbedaan antara wi-fi dan luetooth. Perbedaan berdasarkan pada protocol terpisah menyebabkan bidang aplikasi mereka berubah drastic. Berikut adalah perbedaan antara keduanya, membandingkan dan kontras mereka, di berbagai aspek kerja mereka.

Jangkauan
Kisaran jangkauan Wi-fi cukup tinggi, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel, sedangkan Bluetooth hanya memiliki jarak sekitar 30 kaki dan tidak tehalang fleksibilitas media. Tidak heran jika Wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor, karena penggunaan LAN nirkabel memnyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN.

Standar
Bluetooth dan Wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkna pada standar 802.11n. Bluetooth saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.


Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi karena kinerjanya yang sangat sederhana. Untuk mentransfer data kita hanya perlu mengaktifkan Bluetooth, lalu memilih perangkat Bluetooth lain yang telah diaktifkan. Sedangkan Wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi, serta perlu menginstall router dan modem untuk wi-fi jaringan diaktifkan.

Jenis Jaringan
Bluetooth memungkinkan kita untuk membentuk PAN (Personal Area Network). Sedangakn Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel, seperti menghubngkan sejumlah besar computer desktop dan laptop, yang tidak akan mungkin bisa dilakukan oleh Bluetooth.

Data Transfer
Walaupun wi-fi dan Bluetooth sama-sama bekerja ada frekuensi yang sama, yaitu pada 2,4 Ghz, namu tetap erdapat perbedaan. Bluetooth menggunakan spread spectrum frequency hopping (SSFH). Pada saat perangkat Bluetooth akan terkoneksi maka perangkat harus melakukan hopping sequence agar dapat saling mengenali. Secara teoritis kecepatannya 1 Mbps, namun kecepatan efektifnya hanya 721 Kbps, untuk standar Bluetooth 1.1. Sedangkan Wi-fi menggunakan direct sequence spread spectrum (DSSS). Intinya, spread pada Wi-fi akan lebih stabil dan tentunya lebih cepat dibandingkan Bluetooth.

Aplikasi Wi-fi dan Bluetooth
Karena adanya perbedaan-perbedaan di atas, maka terdapat perbedaan antara wi-fi dan Bluetooth, di bagian aplikasinya. Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Menggunakan wi-fi, kita tdak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi juga dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan juga.

Wi-fi adalah teknologi yang telah dipakai lebih lama, dibandingkan dengan Bluetooth. Hampir semua computer yang diproduksi saat ini memiliki kartu LAN nirkabel terpasang di dalamnya. Bluetooth adalah teknologi yang relative baru. Tetepi produsen ponsel dan laptop telah mulai
mengintegrasikan fasilitas ini dalam perangkat yang mereka produksi. Perbedaan utama antara wi-fi dan Bluetooth, karena Bluetooth tidak digunakan seluas wi-fi, adalah jangkauan.

SOURCES :
http://inconcept.wordpress.com/2010/02/05/perbedaan-antara-wi-fi-dan-bluetooth/
http://gdeiwan.wordpress.com/
http://www.scribd.com/doc/46194089/Perbedaan-Antara-Bluetooth-Infrared-Wifi

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta @ 2011- Fina Martiningsih
Purple Heart Background