25 April 2012

9 KIAT UNTUK MEMBANTU AGAR DIET TETAP BERJALAN


1.     BERITAHU SEMUA ORANG BAHWA ANDA TAHU ANDA SEDANG BERDIET
Mintalah mereka membantu Anda melaksanakannya, misal : saat memilih restoran/kegiatan. Dengan adanya sekelompok yang mendukung upaya Anda, Anda akan berkeinginan menurunkan berat badan karena tidak ingin mengecewakan mereka/mempermalukan diri sendiri.





2.     BUAT BAGAN
Pasang bagan di cermin kamar mandi yang mencantumkan; tanggal, berat badan, ukuran-ukuran pada tubuh. Perbarui data ini tiap pekan. Jika Anda HAMPIR mencapai berat/ukuran yang diinginkan, tuliskan angka yang lebih tinggi agar Anda tetap berada di jalur yang benar.



3.  
   TETAPKAN SASARAN REALISTIK
Pada bagan berat badan/ukuran tubuh tuliskan sasaran yang hendak Anda capai. Berapa berat ideal Anda? Berapa angka yang sudah mencapai separuh angka sasaran? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tandai pekan-pekan di saat Anda sudah mencapai sasaran tersebut.

4.     BERIKAN HADIAH PADA DIRI SENDIRI
Saat berhasil mencapai tiap sasaran, hadiahkan sesuatu pada diri sendiri. Belilah baju bagus yang ukurannya sedikit lebih kecil. Pastikan Anda menyukainya, sehingga terpacu untuk dapat mengenakannya. Gantungkan di tempat yang terlihat setiap saat. Jangan mengenakannya sebelum pas dengan baik.

5. PELAJARI MEKANISME TUBUH ANDA DAN BANTULAH MELAKSANAKANNYA
Jika Anda tahu makanan dan minuman yang bisa membuat Anda cepat lapar, hindarilah. Begitu pun jika Anda tahu makanan/minuman yang dapat membuat Anda merasa kenyang, manfaatkanlah. Jika Anda tahu bahwa Anda harus aktif, lakukan kegiatan yang membuat Anda sangat aktif. Pelajari apa yang membuat Anda merasa nyaman, lalu upayakan agar Anda lebih cepat merasakan kenyamanan itu.



6.     LIHATLAH PENAMPILAN ANDA
Kadang penampilan baru membantu tubuh Anda merasa berkurangnya berat badan adalah sesuatu yang sangat berharga. Jangan membungkukkan bahu, karena hal itu hanya akan membuat Anda tampak bundar, gendut dan kurang ceria.

7.     BUATLAH CATATAN HARIAN
Catat apa yang Anda makan dan kapan. Saat Anda melihat ada perubahan, lakukan analisis mengapa berat badan Anda turun/tak kunjung turun. Tuliskan juga perasaan Anda. Apakah lelah? Merasa penuh semangat? Melanggar ketentuan diet? Merasa lapar?, dll. Selain memiliki tempat curhat, catatan harian tersebut membuat Anda melakukan sesuatu dan tidak sering ke dapur untuk mencari sesuatu yang bisa dilahap.

8.     RAJIN BEROLAHRAGA
Cara yang paling sering kita dengar, karena kiat ini memang sangat efektif. Olahraga membuat berat badan cepat turun dan mempertahankan agar tidak naik lagi. Olahraga bisa sederhana, missal: mengubah keceptan berjalan, semakin rajin bersih-bersih kamar, dll.

9.     POTRET DIRI ANDA SELAMA MENJALANKAN DIET
Pasang foto Anda di seputar rumah/kamar sehingga Anda/bahkan orang lain dapat melihat seberapa jauh keberhasilan Anda. Cermin seringkali mengecoh dan foto jauh lebih jujur. Selain itu, foto juga berfungsi sebagai record.

0 comments:

Post a Comment

Hak Cipta @ 2011- Fina Martiningsih
Purple Heart Background